APRESIASI KEPADA SANTRI PENGHAFAL SURAH AR-RAHMAN

Puji syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, alhamdulillahirrabil alaamiin, Taman Tahfiz Bina Anak Mulia memberikan apresiasi kepada tiga orang santri pertama penghafal Surat Ar-Rahman. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2021 di Pendapa Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta.

Tiga pengahafal tersebut adalah ananda Malik Tri Santosa yang duduk di kelas 6, ananda Miftah Karimah kelas 5, dan ananda Rafalyn Izzatunnisa Elshanum yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Ketiganya menjadi santri di Rumah Tahfiz Bina Anak Mulia di Jalan Sumberan, Ngaglik, Sleman sejak bulan April 2021.

Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta memberikan apresiasi dan penghargaan kepada santri penghafal surat Ar-Rahman sebagai tanda syukur atas karunia Allah SWT yang telah menuntun dan memberikan kemudahan bagi santri dan ustdazah pembimbing dalam menghafal surat Ar-Rahman. Apresiasi ini diharapkan mampu memberikan motivasi untuk lebih bersemangat dan rajin dalam murojaah dan menghafal surat-surat selanjutnya. Bagi santri yang lain, tentu saja diharapkan dapat bersemangat mengikuti jejak teman-temannya dalam mengahafal Al-Qur’an dan berlomba-lomba pada kebaikan.

Seperti kita ketahui, keutamaan membaca surat Ar-Rahman sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis. Rasulullah salallahu alihi wasaalam bersabda, yang artinya:

“Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR. Imam Ja’far)

Begitu indahnya keutamaan surat Ar-Rahman yang mengingatkan tentang nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga Allah memberikan hadiah berupa syahid bagi para pembacanya.

Acara yang digelar pada sore hari pukul 16.00 WIB ini dibuka dengan permainan, untuk mengondisikan santri, dilanjutkan sambutan oleh Bapak Agus Khomaeni selaku Koordinator Bidang Keagamaan. Sebagai acara puncak yaitu pembacaan surah Ar-Rahman yang dibawakan oleh tiga orang santri. Santri-santri yang lain dan tamu undangan menyimak dengan membuka mushaf.

Selesai pembacaan surah Ar-Rahman, Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta memberikan kenang-kenangan sebagai motivasi kepada tiga santri penghafal surah Ar-Rahman. Dilanjutkan dengan tauziah yang disampaikan oleh Ustadz Suradi dari SDIT Muhammadiyah Condongcatur. Suasana begitu semarak, Ustadz Radi menyampaikan pesan dan nasihat dengan bahasa yang santai, lucu, dan akrab dengan anak-anak. Pesan yang diikemas dengan lagu dan kuis membuat santri begitu antusias mendengarkan dan berlomba menjawab pertanyaan.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Radi. Semoga para santri istiqomah mempelajari kitabullah dan mengahafalkannya serta mengamalkan isinya, mengikuti tuntunan uswatun khasanah, Rasulullah salallahu alaihi wassalam.

Penulis –  Wahyu Ratnasari

Share artikel ini…

3 Responses

  1. Jazakumullohu khoiron katsiro kagem ustadzah dan yayasan yg sudah membimbing dan mengajarkan anak anak kami… mugi” dados jariyah lan ilmu yg bermanfaat lan gusti Alloh ridho.. aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel

Artikel Populer

Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta berdiri tahun 2019, merupakan sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

Contact Info

saranamukti.id © 2021. All rights reserved.