Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia:
Mencetak Ulama yang Cendikia  

Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan keagamaan. Mengambil peran untuk membantu program baca (tahzin) dan program hafalan (tahfidz) Al–qur’an, Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta mendirikan Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia.

Berawal pada tahun 2020, Alhamdulillah Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta dimudahkan Allah SWT untuk membeli lahan yang   berlokasi di Jl. Sumberan 3 No. 10B, Sumberan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Dengan berbekal dana hibah dari Pemerintah Propinsi DIY sebesar Rp20.000.000,- dan bantuan dari para donatur, dilaksanakanlah pembangunan Gedung PAUD dan Rumah Tahfidz Bina Anak Mulia Tahap I. Pembangunan tahap I dimulai pada bulan November 2020 sampai dengan bulan Maret 2021, dengan dana sebesar Rp251.000.000,00.

Rumah Tahfidz Bina Anak Mulia diresmikan oleh pembina yayasan pada tanggal 11 Maret 2021. Dengan fasilitas satu bangunan rumah joglo, dua ruang kelas, dan dua kamar mandi, pada pagi hari digunakan sebagai aula, tempat bermain  anak, tempat  kegiatan belajar  mengajar PAUD Bina Anak Mulia, dan pada  sore  hari  digunakan dalam kegiatan program tahfidz dan diniyah.

Berlandaskan hadis sahih Imam Al Bukhari yang meriwayatkan sebuah hadis dari Ustman bin Affan Rodhiallahuanhu.

Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya (HR Bukhari),

Yayasan Sarana Mukti berupaya mewujudkan pesan yang termuat dalam hadis tersebut yaitu  untuk mempelajari dan mengajarkan maksud dari Al-Qur’an, meliputi belajar membaca dengan tajwid, asbabunnuzul, tafsir, nafsu shorof, dan ilmu-ilmu lainnya.

Hal itu juga tertuang dalam visi yayasan yaitu mendidik umat untuk terlahirnya generasi yang dapat mengubah dunia dengan peradaban islam. Diuraikan dalam misi yayasan:

1. Menanamkan iman dan adab sejak usia dini.

2. Mencetak penghafal Al-qur’an.

3. Mendidik generasi Islam yang menguasai sains dan teknologi.

Dan bertolak dari visi misi tersebut, Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta memiliki tujuan: 

1. Menyediakan lembaga pendidikan, sebagai tempat untuk belajar bagi anak didik untuk mencetak generasi yang berkualitas menuju terbentuknya Khairo Ummah (umat yang terbaik) yang dilahirkan untuk manusia (QS. Ali-Imran : 110).

2. Mempersiapkan keder-kader ulama dan pemimpin umat (Mundzirul Qaum) yang Mutafaqqih Fid-Dien (QS. At-Taubah : 122). 3. Mencetak generasi islam yang memahami Al-Qur’an, menanamkan nilai-nilai Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan menguasai sains dan teknologi.

Penyelenggaraan Rumah Tahfidz Qur’an dimulai di KB-PAUD Bina Anak Mulia. Kegiatan ini sudah berjalan selama 2 bulan dimulai pada bulan Agustus 2021 dan dilaksanakan empat kali dalam seminggu, terbagi ke dalam 2 kelompok, yakni kelompok A pada hari senin, jum’at dan kelompok B pada hari rabu dan sabtu dari pukul 16.00-17.15 WIB. Pembelajaran di Rumah Tahfidz Qur’an ini meliputi tahsin, dan hafalan, yang kami mulai dengan surat Ar-Rahman. Jumlah santri ada 44 yang berasal dari wilayah Ngaglik, Cangkringan.

Orangtua santri yang berasal dari wilayah Cangkringan mengusulkan agar Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta membuat cabang Rumah Tahfidz Qur’an di Cangkringan. Menindaklanjuti permintaan dari wali santri tersebut, kami berencana akan membangun Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia di Pedukuhan Ngemplak, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan. Pembangunan Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia dengan Rencana Anggaran Biaya sebesar Rp 141,781,000.00,00.

Semoga keberadaan Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Cangkringan dan sekitarnya. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan, kelancaran penggalangan dana dan pembangunan Sekolah Tahfidz Qur’an Bina Anak Mulia dan memasukkan kita semua kedalam golongan hamba-hamba yang dicintai-Nya. Aamiin ya Robbal ‘alamin.

Penulis –  Wahyu Ratnasari

Share artikel ini…

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel

Artikel Populer

Yayasan Sarana Mukti Yogyakarta berdiri tahun 2019, merupakan sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

Contact Info

saranamukti.id © 2021. All rights reserved.